RSS

Tour de Singkarak 2012

05 Jun

Tour de Singkarak 2012 merupakan Tour de Singkarak edisi ke-4 yang diselenggarakan pada 4 Juni hingga 10 Juni 2012. Tour de Singkarak tahun ini dimulai dari kota Sawahluntodan tidak lagi berakhir di Danau Singkarak, melainkan di kota Padang sebagai ibu kota Sumatera Barat.Seperti tahun sebelumnya, kejuaraan balap sepeda jarak jauh ini melombakan 7 etape yang berlangsung selama 7 hari.Sedangkan total hadiah naik menjadi Rp1 miliar.

Tour de Singkarak 2012 diluncurkan pada 14 Mei 2012 di Jakarta dan diresmikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sapta Nirwandar dan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Tahun ini, Tour de Singkarak akan melintasi 854 km jalan raya dari 14 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.Selain 12 kabupaten dan kota yang dilintasi Tour de Singkarak tahun sebelumnya, Tour de Singkarak 2012 juga melintasi 2 kabupaten lain, yaitu kabupaten Sijunjung dan kabupaten Pesisir Selatan.Setiap kabupaten atau kota menyuguhkan keindahan alam dan kekayaan budaya maupun objek terkenal yang dimilikinya.[4] Sehingga diharapkan dapat mengangkat potensi wisata di Sumatera Barat kepada wisatawan mancanegara.

Berbeda dengan penyelenggaraan Tour de Singkarak pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu dimulai dari kota Padang, Tour de Singkarak tahun ini justru dimulai dari kota Sawahlunto, salah satu kota tua terbaik di Indonesia.Sedangkan kota Padang yang merupakan ibu kota Sumatera Barat, dijadikan sebagai tempat berakhirnya Tour de Singkarak, setelah sebelumnya ditempatkan di Danau Singkarak. Namun demikian, Danau Singkarak maupun objek-objek terkenal lainnya tetap menjadi bagian dari jalur lintasan yang tahun ini panjangnya mencapai 854 km. Perbedaan-perbedaan tersebut terjadi mengingat kejuaraan ini telah menjalin kerjasama dengan Amaury Sport Organisation atau ASO, penyelenggara Tour de France di Perancis.

Tour de Singkarak 2012 berlangsung selama 7 hari, mulai 4 Juni hingga 10 Juni 2012. Tour de Singkarak tahun ini terdiri dari 7 etape. Etape pertama dimulai dan diakhiri di kota Sawahlunto dengan panjang lintasan 77,5 km, melintasi Muaro Sijunjung melalui Muaro Kalaban dan Muara Bodi, lalu kembali ke Sawahlunto melalui Tanjung Ampalo. Etape kedua yang memiliki panjang lintasan 124,5 km, dimulai dari Muaro Sijunjung menuju Harau, melintasi Sumpur Kudus, Lintau Buo, Ngalau, dan kota Payakumbuh. Etape ketiga memiliki panjang 102 km, dimulai dari kota Payakumbuh, melintasi Ngalau, Baso, Batipuh, Ombilin, dan Danau Singkarak, kemudian diakhiri di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar.

Etape keempat panjangnya mencapai 157,5 km, dimulai dari Lapangan Golf Anai, melintasi Sicincin, kota Pariaman, Lubuk Basung, Muko Muko, Danau Maninjau, Kelok 44, dan Matur, hingga berakhir di depan taman Jam Gadang, kota Bukittinggi. Etape kelima yang memiliki panjang 149 km, dimulai dari kota Padang Panjang, menuju Ombilin, Danau Singkarak, kota Solok, Danau Dibawah, Danau Diatas, Lubuk Selasih, lalu kembali ke Solok. Etape keenam dengan panjang lintasan 146 km, dimulai dari Pantai Gandoriah, kota Pariaman dan berakhir di Painan setelah melintasi kota Padang. Terakhir, etape ketujuh dilangsungkan sepenuhnya di kota Padang dengan melintasi jalan-jalan utama, lalu berakhir dengan panjang lintasan 99,5 km di Jalan Jenderal Sudriman.

Dari tujuh etape Tour de Singkarak tahun ini, etape keempat merupakan yang terpanjang yaitu 157,5 km. Sedangkan etape pertama yang dimulai dan diakhiri di kota Sawahlunto, merupakan yang terpendek yaitu 77,5 km. [Wikipedia]

 
Leave a comment

Posted by on June 5, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: